Senin, Desember 29, 2008

Tugas TI

Perkembangan TI tahun 2030


Di era globalisasi perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Hal ini sangat membantu manusia dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Semakin hari kebutuhan manusia akan barang semakin meningkat dan bervariasi. Untuk itu diciptakanlah benda-benda baru yang mampu mengimbangi kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan bervariasi. pada tahun 2030 nanti, diperkirakan perkembangan teknologi akan semakin menakjubkan. Baik itu di bidang teknologi informasi, transportasi, dll. Di bidang transportasi nantinya diperkirakan tidak akan ada lagi alat transportasi yang menggunakan bahan bakar seperti sekarang ini. Hal ini disebabkan terbatasnya cadangan bahan bakar yang ada di bumi. Sehingga pada tahun tersebut diperkirakan akan muncul suatu alat transportasi berbahan bakar tenaga surya. Ini jelas sangat menguntungkan, karena selain menghemat sumber daya yang telah disediakan oleh alam, juga menghemat biaya pengeluaran untuk memebeli bahan bakar.

Perkembangan teknologi pada tahun 2030 nantinya, diperkirakan akan banyak terpusat pada perkembangan teknologi informasi. sedangkan untuk bidang-bidang lain (termasuk di dalamnya bidang transportasi) hanya menduduki sebagian kecil dari perkembangan teknologi secara global. Pada perkembangan teknologi informasi, diperkirakan akan muncul benda-benda baru yang menduduki fungsi dari benda yang terdahulu dengan fungsi yang lebih bervariasi tentunya. Misalnya, adanya card yang digunakan untuk sistem absensi mahasiswa di seluruh universitas yang ada di seluruh dunia (ini merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan), adanya touchscreen-computer, digunakannya suatu chip/card yang mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai penyimpan data di handphone dan data dari komputer (seperti adanya flashdisk pada saat ini), tidak beredarnya lagi uang kartal (di mana fungsi dari uang kartal sebagai alat untuk transaksi digantikan oleh sistem card), dengan digunakannya sistem card sebagai alat untuk transaksi, maka terdorong diciptakan pula sistem pelayanan restoran di mana untuk memesan menu yang ada hanya tinggal memilih menu apa yang ingin dipesan pada screen yang ada pada tiap-tiap meja dan menggesekan kartu transaksi yang dimiliki tiap-tiap individu untuk melakukan pembayaran. Detail kegunaan masing-masing dari benda-benda yang diperkirakan akan ada di tahun 2030 nanti akan dijelaskan sebagai berikut :

- Sistem Absensi Mahasiswa menggunakan card
Pada saat sekarang ini, sistem absensi mahasiswa masih menggunakan cara manual, yaitu dengan menandatangani kolom kehadiran di selembar kertas. Sedangkan pada tahun 2030 nantu, diperkirakan bahwa seluruh universitas akan menerapkan sistem absen dengan menggunakan card. Di mana cara penggunaannya card ini yaitu dengan menggesekannya pada mesin yang ada pada tiap-tiap pintu kelas yang akan dimasuki. Sistem ini memudahkan petugas yang mengurus absensi mahasiswa di suatu universitas, karena dengan adanya sistem ini, petugas tidak perlu lagi melakukan perhitungan jumlah kehadiran tiap-tiap mahasiswa dalam satu rentang waktu perkuliahan, dan dengan otomatis sistem ini juga bekerja untuk menentukan mahasiswa mana yang berhak untuk mengikuti ujian dan mahasiswa mana yang tidak. karena mesin ini telah disetting untuk memisahkan nama-nama mahasiswa yang tidak pernah atau jarang mengikuti perkuliahan, sehingga pada saat akan diadakan ujian, petugas telah mengetahui mahasiswa mana yang boleh ikut, dan mahasiswa mana yang tidak.

- Touchscreen Computer
Semakin hari perkembangan komputer menjadi semakin canggih. Dari yang model komputer dengan layar tabung sampai ke komputer jinjing dengan layar flat. pada tahun 2030 nanti, diperkirakan akan muncul komputer dengan layar sentuh atau yang familiar disebut dengan touchscreen-computer, sehingga akan menjadi lebih sederhana untuk dibawa kemana-mana. Ini merupakan perkembangan dari komputer jinjing, di mana pada komputer jinjing sudah tidak menggunakan CPU yang besar seperti pada komputer-konputer yang lama tetapi masih menggunakan keyboard. Sedangkan pada komputer jinjing tidak perlu menggunakan keyboard untuk mengetik. perkembangan selanjutnya dari komputer jinjing inilah yang disebut dengan touchscreen-computer.

- Card/Chip (Penyimpan data di handphone dan dari komputer)
Pada jaman sekarang ini sudah mulai banyak bermunculan handphone-handphone dengan fasilitas-fasilitas yang sangat canggih, tetapi masih sedikit orang yang menggunakannya. Pada tahun 2030 nanti, diperkirakan tiap orang akan menggunakan handphone dengan fasilitas yang sangat komplit. Selain itu perkembangan lainnya yaitu dengan adanya card/chip yang digunakan sebagai SIM card, memory card, dan penyimpan data dari komputer (seperti flashdisk). Sehingga chip/card yang ada pada tiap-tiap handphone berasal dari operator yang sama dan card/chip tersebut mempunyai kapasitas memory penyimpanan data yang tinggi. Jadi tidak diperlukan lagi adanya SIM card, memory card, dan flashdisk.

- Tidak beredarnya lagi uang kartal
Di tahun 2030 nanti, diperkirakan peredaran uang kartal sudah tidak ada lagi. Peranan uang sebagai alat untuk transaksi jual-beli ini digantikan dengan digunakannya card yang berfungsi sama dengan uang kartal. Kartu ini dimiliki oleh setiap orang. Jadi tiap ada penerimaan uang (misalnya gaji perbulan) langsung dimasukkan ke dalam kartu tersebut, sehingga jumlah nominal yang ada di dalam kartu bertambah. Sedangkan jika ingin melakukan pembelian, hanya tinggal menggesekan kartu tersebut pada tempat anda membeli sesuatu dan secara otomatis nilai nominal yang ada di kartu tersebut akan berkurang sejumlah pembayaran yang dilakukan.

- Sistem pelayanan restoran dengan layar meja touchscreen
Dengan dibuatnya sistem baru untuk suatu transaksi, mendorong pula untuk membuat suatu sistem pelayanan restoran dengan memanfaatkan sistem transaksi tersebut, dengan ditambah suatu sistem pelayanan baru yaitu dengan adanya touchscreen pada setiap meja yang ada di restoran, jadi jika ingin memesan menu lewat touchscreen dan pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu transaksi yang ada.


Nia Andriani
L2H007045



59 komentar:

  1. WAH itu udah ada semua nia.

    BalasHapus
  2. Hmm...bener nia untuk komputer touchscreen dan absen pake card jg udah ada...mungkin bisa ekstrim lagi kalau kalau absen pakai telepati dari jarak 1 KM sebelum masuk sekolah udah ketahuan he..Peace

    BalasHapus
  3. wah commentku udh dijwb nyoman & galang...
    smoga tdk beredarnya uang kartal bs terwujud jd kn g ush ribet bw byk uang krts, tp klo dilihat2 gmn cra narik uang kertas yg udh beredar luas d masyarakat & mengedarkan card pngganti uang kartal ke masyarakat?
    hrs dicari solusinya....

    BalasHapus
  4. Nia,,

    Touchscreen tuw bukan'y uda ada skg jg?

    *sistca*

    BalasHapus
  5. Nia....
    yg pesen menu lewat touchscreen kyk d ufo baby de hehe...

    BalasHapus
  6. ihiy lemoth,,,
    siapa tuw lemoth???
    hihihi,,,piss nia,,,


    aquw setuju,gag da uang kartal lagi,,,

    jadi bisa mengurangi aksi pencopetan dompet di tempat umum,,,

    BalasHapus
  7. mothhh...

    ko gitu to???

    kalo produk-produk yang diperkirakan pada tahun 2030 seperti itu, kalo menurutQ tu buat lima tahun yang akan daang juga bisa oq.....

    tapi tu menurutQ ce....he..he...

    Q juga tahu produk masa depan tu seperti apa....but.. cayo ajah... (he g nyambung ya????)

    BalasHapus
  8. Hiks...hiks nia malu salah ngasih comment kasihnya di artikel robot itu tugas TIq bukan di 5 Inovasi mendatang tlg comment ulang yah sama ratingnya hiks....hiks

    BalasHapus
  9. aku suka touchscreen!!!

    BalasHapus
  10. eh bukan malu maksudnya kamu slah kasih comment map alah tulis he

    BalasHapus
  11. nia,,
    kayanya di luar negri sono udh ada wes....

    BalasHapus
  12. Nia., aq kasi comment yak
    Klow absensi pke card msh bisa TA alias titip absen ga huehehe.,
    Seru juga klow uda ga ada uang kaRtal, kLo nae angkot berarti bYarnya pke caRd gt yak. Truz klow ada pengemis ato pengameN yg mnTa2 gmN ya Nia? ngasihnya lwt card jg yah? Mga aja di taoN 2030 uda ga ada lagi pengamen atau pengemis yg mnTa2, hehehe...

    BalasHapus
  13. nia,.,asyik jg tuch absensi pke card,.,

    jd lbih elitan dkit lah,.,ga prlu lg cpek2 bwat tndatangan,.,

    dan yang pasti mngurangi global warming.,.,

    kurangi pmakaian kertas,.,???!!!

    BalasHapus
  14. wah ni, klo mw nitip absen tinggal nitip card-nya donk...

    BalasHapus
  15. wkwkwk...
    absen pke kartu..???
    op gunane pulpen...???

    BalasHapus
  16. nii,,, pada ngrumpi y malahan??apa yang ditembak??
    ckckkckck
    ad ad sadja,,

    mending ilang bolpen org atw chipnya sndri??


    -_-"

    BalasHapus
  17. bukannya uda ada ya saiii????

    BalasHapus
  18. Yg touch screen boleh jg..
    Tp ktoke udah ada, t? Hehehe..
    BTW, km dh jadian, t?
    Traktir2, loh.. ^^

    BalasHapus
  19. huemmm
    kyknyaa udaa ad d..

    btw,,uang kartalnyaa bgs jugaa d..
    jd simple

    BalasHapus
  20. nia....
    ni daku...
    janji makan2 y... hehehhe

    wah boz kayaknya itu udah yah,
    yawez tinggal dikembangin az.. ^^

    lama2 tema anime jd kenyataan smw nih
    hidup anime!! hwehehehe

    BalasHapus
  21. yang restoran pake touchscreen tuu oke ni...
    sama yang uang-uang ituu juga
    jadi gag mungkin dirampok gituu kan??
    apa dirampok sekartu-kartunya??
    hehe

    BalasHapus
  22. Nia makan-makan yaa...jangan lupa Hikz thulung kasih comment+ rating lagi kamu dulu salah ngasih comment.

    BalasHapus
  23. hmm,,,


    kya na ud ad smua d nyaa,,,


    kecuali yg uang kartal,,,


    kya na lo msti sring2 liat tv d,,,

    hahahaha

    BalasHapus
  24. mmm,,
    ud ada y kyaX nie yg touchsreenX. . .

    wah kLo absensi pke card,,
    ntar susah boLos gag nii??
    hohoho

    BalasHapus
  25. ****

    yg dimaksud smart card?

    TA ne temenQ..,

    BalasHapus
  26. **

    kayaknya aku uda pernah tau smart card itu sekarang dech dimana gitu

    BalasHapus
  27. ***

    nice info


    semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  28. nanti kalo pake card,,kalo ilang gimana ni??uang gw ilang jg dunk???hahaha

    BalasHapus
  29. hmmm...

    udah pada ad d


    mungkin bakal jauh lbh berkembang

    BalasHapus
  30. iy nia...

    Q juga terinspirasi dari yang touchscreen tuh...

    BalasHapus
  31. sebenernya c kLo technology yg bgiTu pasTi bisa keLuar soalnya basicnya emang udah ada..
    tapi mungkin ada perkembangan yg lebih besar lagi dalam segi pemakaian, dengan gabungan pake nanotech, semua teknologi pasti bakal berubah dan pemakaian juga berubah..
    apa qta smua juga berubah???hha3

    BalasHapus
  32. Wah Nia Klo yG LinnyA Aku SeTuju'' AJa,...
    Tp KLo Sistem Absensi Mahasiswa menggunakan card,,,,Klo gTu Ntar maLah susah donk buaT Ti''p Absen
    Ha..Ha....
    < piZZZZZ >

    BalasHapus
  33. sering-sering update berita yaw....

    dita ^^1

    BalasHapus
  34. ****

    ga ada uang krtal???
    jd ga usah rpot2 bw dmpet lg donk..

    BalasHapus
  35. ****
    hum...bener kata gisa, kalo ada pengemis piye?? kejahatan elektronik mudah terjadi ya..kl kartuku dibobol, trz aku ga punya cadangan/ pegangan uang gmn?

    BalasHapus
  36. ****
    wah..
    bs nitip kartu dunkz klo g msuk kul..
    hahaha,,,
    boleh..boleh..

    BalasHapus
  37. ya ampun..gw blum cocomt yak..hha3 sory2
    semakin mudah menusia mendapatkan fasilitas, maka semakin malas orang tersebut..
    mungkin kita bisa menganggap semuanya hebat..
    wah,ini hebat...
    wah,itu hebat..
    namun kLo kita sendiri cuma bisa ngomong jebat dan hebat dan akan ettap menjadi konsumen yang utuh yang bisanya ngikutin jaman kan percuma..lebih baik lagi jika kita merupakan pengembang teknologi tersebut..
    INGAT!!!
    INDONESIA terkalahkan oleh negara asing karena bidang teknologinya..

    BalasHapus
  38. GAk ada uang kaRtaL lagi...

    seTuju..tinGgaL geSek ajah..kaYA ATM gitu ya..

    niCe
    ***

    BalasHapus
  39. ***
    smart card bakal uda mulai dikembangin d UI...juga uda ada fakultas yg cara absennya pke smart card ini..
    eh,uda ada lho restoran yg ga berpelayan,jd sistemnya touch screen dan makanan nanti dikirim lewat kyk sejenis itu yg penjalan seperti direstoran sushi,jd Qt tinggal ambil pesenan Qt...

    klo ga ada uang kartal...sistem perekonomian Qt jdna gmn y???
    so far c emg uda ada smart card yg bsa jd pganti uang cash Qt...

    BalasHapus
  40. nambahin bintang nia,,,


    ***

    BalasHapus
  41. hmm...
    idemu bgs nieyh...
    tpi ntar drealisasikan yach....

    my rating ***

    BalasHapus
  42. Good...Good...Good...!
    Excelent
    *****

    BalasHapus
  43. ***
    absensi kelas,
    wah... kyk d WP,tp blm ada cardnya...

    BalasHapus
  44. ****
    waduh ni...
    mau dunkz...
    cepet2 direalisasiin...
    biar qt kalo mw beli apa2 tinggal gesek...
    gag perlu pusing2 lg...

    BalasHapus
  45. aku setuju ... semua nya bisa di beli dengan tinggal menggesek card doang... asik

    BalasHapus
  46. ****
    bagus2 ni...
    tp bknny touchscreen tuh udh ad y????

    BalasHapus
  47. RatingQ nyusul ni, Nia...
    KomentQ dah d atas.. Hehe..

    ****

    BalasHapus
  48. ***
    yang restoran pake touchscreen tuu oke ni...
    sama yang uang-uang ituu juga
    jadi gag mungkin dirampok gituu kan??
    apa dirampok sekartu-kartunya??
    hehe

    BalasHapus
  49. Nambahin bintang2,,

    **

    BalasHapus
  50. kalo gak ada lagi uang kartal...gak ada lagi yang ngisi dompet f\dunk,,,ntar kalo mau ngasih recehan buat sedekahan atau pengamen gimana???

    sebaik-baiknya teknologi canggih apabila tidak dibarengi oleh moral dan etikad yang baik, maka tak ada manfaatnya..

    ***

    BalasHapus
  51. ***++
    Segera Direalisasikan
    nek wes Ono sampele kek'ke aku yo Ni

    BalasHapus
  52. ryOu L2H007040

    mau nambahin rating nie...

    my rating : ****

    BalasHapus
  53. walawwalaw......

    suda ada touchscreen sayaaang,,

    tapi tak apaa...

    * * *

    BalasHapus
  54. ****
    canggih bgt nia restorannya,,ada touchscreen d mejanya keren2..

    BalasHapus
  55. Kata comment sebelum2nya itu udah ada semua ya, piye to, hahahaha

    BalasHapus
  56. Restorant keren ya. Nice! apalagi klo udh diplikasiin di nasi kucing.haha.,
    ****

    BalasHapus